Tuesday, October 3, 2017

Mengenal Lebih Dekat Processing Device


Perangkat Pemroses adalah perangkat yang berfungsi mengolah data, mulai dari membaca dari peralatan input, mengolah / memproses, sampai pada mengeluarkan informasi ke perangkat output.

Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat).

Fungsi utama CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam main memory. Selain itu CPU juga bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi operasinya.

Sebab itulah CPU menjadi bagian terpenting dalam komputer, bahkan tidak jarang orang menyebutnya sebagai “OTAK” komputer.

CPU itu sendiri memiliki komponen-komponen dasar yang terbagi ke dalam dua kategori yaitu Arithmetic Logic Unit dan Control Unit.

Arithmetic Logic Unit atau sering disebut dengan ALU merupakan suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan (aritmatika) seperti pengurangan, penjumlahan, pembagian bahkan operasi pembandingan (logika) seperti membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.

Sedangkan Control Unit atau CU merupakan alat yang bertugas memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan dan tempat penyimpanan di dalam primary storage.

Control Unit juga bertugas :
1.   Mengatur serta mengendalikan alat-alat input dan output
2.   Mengambil instruksi dari main memory
3.   Mengambil data dari main memory jika diperlukan dalam proses

Selain kedua komponen diatas, CPU juga memiliki sejumlah register.

Register itu sendiri merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat 5 – 10 kali lipat dibandingkan dengan kecepatan perekaman / pengambilan data di main memory.

Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang diproses oleh CPU, sedangkan instruksi-instruksi dan data yang lainnya  menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di main memory.

Metode Kerja CPU pada umumnya seperti :
Saat sebuah program akan dieksekusi,
1.   Maka isi program tersebut yang berada di dalam harddisk diambil dan dimasukan ke RAM
2.   Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke program-storage sedangkan data ditempatkan di working-storage
3.   Selanjutnya instruksi dan data tersebut diambil oleh Control Unit lalu disimpan di Register
4.   Bila instruksi merupakan perhitungan logika, atau  aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses
5.   Hasilnya akan ditampung di Accumulator
6.   CU akan mengambil dan membawa kembali ke RAM yang kemudian ditampilkan hasilnya ke alat output


0 comments:

Post a Comment