Friday, July 21, 2017

10 Macam Komponen Perangkat Input


Perangkat input devices adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau program  

Serta memberikan perintah untuk mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk data digital yang kemudian diolah pada komputer. 

Beberapa perangkat masukan tersebut adalah :

1.    Keyboard

Gambar Keyboard

Keyboard atau papan ketik merupakan unit masukan yang paling umum digunakan pada komputer 

dan berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media untuk melakukan perintah-perintah lainnya, seperti menyimpan file dan membuka file.

Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, 

Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. 

Keyboard yang biasa digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). 

Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis, yaitu QWERTY,DVORAK, dan KLOCKENBERG, 

selain itu keyboard juga terbagi menurut jenis portnya, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

a.     Tombol Ketik ( Typing Keys )
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. 

Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang banyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

b.    Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. 

Struktur  angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

c.     Tombol Fungsi ( Function Keys )
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. 

Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

d.    Tombol Kontrol ( Control keys )
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

2.    Mouse

Gambar Mouse
Mouse atau tetikus adalah salah unit masukan (input device) yang berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor sesuai dengan yang kita inginkan. 

Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). 

Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.

Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. 

Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.

Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, 

tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. 

Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.

Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. 

Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). 

Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

3.    Touchpad

Gambar Touchpad
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini digunakan sebagai pengganti mouse. 

Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

4.    Light Pen

Gambar Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). 

Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

5.    Joy Stick dan Games Paddle

Gambar Joy Stick (Kiri), Games Paddle (Kanan)
Alat ini digunakan untuk memudahkan kita pada saat kita bermain games komputer. 

Joy Stick biasanya berbentuk tongkat (mirip tuas gigi mobil), sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

6.    Barcode

Gambar Barcode
Barcode merupakan unit masukan (input device) yang berupa gagangan berisi laser merah 

dan berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. 

Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya.

Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia menggunakan barcode untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya.

7.    Scanner

Gambar Scanner
Scanner adalah merupakan salah satu unit masukan yang berfungsi memindai kertas baik berupa teks maupun gambar yang kemudian hasilnya akan ditampilkan melalui layar monitor.

Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. 

Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional.

Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. 

Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. 

Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

8.    Kamera Digital

Gambar Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. 

Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.

 Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya, semakin tinggi nilai pixel-nya maka kualitas foto yang didapatkan semakin baik.

Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. 

Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. 

Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

9.    Mikrofon

Gambar Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan mikrofon ini.

10.   Graphic Pad

Gambar Grapicpad
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

Graphics pads yang biasa digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad 

atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). 

Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. 

Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Contoh Soal

1.    Jelaskan fungsi dari media input ?
2.    Jelaskan 5 jenis alat input beserta fungsinya?

Jawaban

1.    Perangkat input input devices adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data - data dan memberikan perintah pada komputer.
2.    Berikut 5 jenis alat input beserta fungsinya
a.     Keyboard
berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media untuk melakukan perintah-perintah lainnya, seperti menyimpan file dan membuka file.
b.    Mouse
berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat
c.     Touchpad
digunakan sebagai pengganti mouse
d.    Light Pen
digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor)
e.     Joy Stick dan Games Paddle
digunakan pada permainan (games) komputer

Sumber :
http://ensiklopediasli.blogspot.co.id/2015/10/komponen-perangkat-input-komputer.html
http://lidyaldysh.blogspot.co.id/2016/01/komponen-perangkat-input-dan-output.html
https://agilmuhtarom.blogspot.co.id/2016/09/komponen-perangkat-input-dan-output.html
e-book perakitan komputer kelas x


0 comments:

Post a Comment