Friday, July 14, 2017

Sejarah Perkembangan Generasi Komputer Lengkap beserta Contoh Soal

Perkembangan Generasi Komputer sebelum Tahun 1940

-         Abacus

Abacus
Sumber: Google Search

Alat perhitungan sederhana berupa biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak ini dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
Menurut sejarah alat ini muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil, pada saat itu banyak dipergunakan oleh para pedagang untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring munculnya pensil dan kertas, Abacus kehilangan pupularitasnya.

-         Kalkulator roda numerik 1

Kalkulator roda numerik
Sumber: Google Search

Dalam rangka membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak, Blaise Pascal seorang pemuda berusia 18 tahun melakukan penemuan dalam hal mesin komputasi yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator).
Kotak persegi kuningan ini yang ia namakan Pascaline, prinsip kerjanya menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan berbasis sepuluh hingga delapan digit.

-         Kalkulator roda numerik 2

Kalkulator roda numerik
Sumber: Google Search

Kebutuhan manusia tentunya semakin hari kian meningkat, begitu pula dalam hal perhitungan. Kotak kuningan milik Pascal belum bisa diandalkan, karena hanya dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan dan itupun masih sangat terbatas.
Untuk itu, dengan memperlajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat Pascal, seorang matematikawan Jerman Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.

-         Kalkulator mekanik

Kalkulator mekanik
Sumber: Google Search

Charles Xavier Thomas de Colmar sering disebut Colmar bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, membantu membangun era komputasi digital, dengan menemukan mesin yang dapat melakukan empat perhitungan fungsi aritmatik dasar.
Kalkulator mekanik Colmar (Arithometer) mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi sehingga banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.

Perkembangan Generasi Komputer sesudah Tahun 1940

   Komputer Generasi Pertama

Sumber: Google Search

Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas menjadikan komputer yang diciptakan pada saat perang dunia ke II  ini disebut sebagai “Komputer Dinosaurus”.  
Tabung Hampa (Vacuum Tube) yang berfungsi sebagai komponen elektroniknya merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Komponen tambahan inilah yang menjadikan komputer terlihat besar.
Program yang dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language) dengan menggunakan kode binner dalam urutan tertentu serta programnya tersimpan dalam memori komputer. Selain pengoperasiannya sulit, daya komputasinya juga sangat lambat sehingga komputer ini hanya digunakan oleh orang yang ahli saja.
ENIAC contohnya, komputer rancangan tahun 1942 ini merupakan komputer elektronik pertama di dunia. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Komputer seberat 30 ton ini pengoperasiannya membutuhkan daya listrik antara 140 – 174 kilowatts. Dibalik semua kekurangan yang ada ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari, dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. Selain ENIAC juga masih banyak komputer sejenisnya yang lain seperti MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650 dan ADVAC.

   Komputer Generasi Kedua

Sumber: Google Search

Berbeda dengan komputer generasi pertama yang menggunakan tabung hampa (vacuum tube) sebagai komponen elektroniknya, pada generasi kedua menggunakan transistor. Sehingga ukurannya relatif lebih kecil yaitu kira kira seukuran lemari saja. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas.
Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”.

   Komputer Generasi Ketiga

Sumber: Google Search

Dibalik keunggulan transistor dari tabung vakum, transistor menghasilkan panas yang terbilang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian komputer. Sehingga membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ).
Pada 1958, insinyur Texas Instrument, Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) yang mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa yang kemudian digunakan sebagai komponen elektronik. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponennya dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan, dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer, kapasitas untuk menyimpan data lebih besar, menggunakan teknologi small-and medium-scale integration juga sebagai titik awal fenomena mikrokomputer serta diperkenalkannya konsep ‘time sharing’.
Inilah komputer generasi ketiga yang diperkenalkan antara tahun 1963 sampai dengan tahun 1971. Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim. 

   Komputer Generasi Keempat

Sumber: Google Search

Komputer genarasi ini telah berkembang sangat pesat karena penggunannya yang sangat mudah (friendly user) dan serba guna apalagi di bidang industri dan teknologi informasi, peranan komputer sangatlah membantu. 
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III dan merupakan komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda, bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi.
Ide cemerlang Kilby yang telah mengembangkan teknologi IC dapat dirasakan dengan hadirnya komputer-komputer dalam bentuk yang lebih cerdas, bekerja lebih cepat dan handal, program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL, mempunyai kapasitas memori yang sangat besar serta keunggulan-keunggulan lainnya.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.
Beberapa keunggulan lainnya adalah mulai dikembangkannya suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network), telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS), mengenal DataBase Management System (DBMS).
Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

   Komputer Generasi Kelima

Sumber: Google Search

Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model nonNeumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

   Contoh Soal

1.    Sebutkan dan jelaskan perkembangan komputer sebelum tahun 1940!
2.    Sebutkan dan jelaskan perkembangan komputer sesudah tahun 1940!

   Jawab

1.    Sebelum tahun 1940, peralatan komputer atau alat hitung masih sangat sederhana, yaitu:
a.     Abacus
Alat perhitungan sederhana berupa biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak ini dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
b.    Kalkulator Roda Numerik 1
Kotak persegi kuningan ini yang ia namakan Pascaline, prinsip kerjanya menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan berbasis sepuluh hingga delapan digit.
c.     Kalkulator Roda Numerik 2
Kotak kuningan milik Pascal belum bisa diandalkan, karena hanya dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan dan itupun masih sangat terbatas.
Untuk itu, dengan memperlajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat Pascal, seorang matematikawan Jerman Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
d.    Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar sering disebut Colmar bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, membantu membangun era komputasi digital, dengan menemukan mesin yang dapat melakukan empat perhitungan fungsi aritmatik dasar.
2.    Setelah tahun 1940, komputer sudah menggunakan tabung vacum dan transistor sebagai komponen utama yang digunakan untuk meningkatkan performa dari komputer tersebut. Adapun tahap-tahap perkembangannya sebagai berikut:
a.     Komputer Generasi ke-1
Tabung Hampa (Vacuum Tube) yang berfungsi sebagai komponen elektroniknya merupakan ciri khas komputer generasi pertama.
b.    Komputer Generasi ke-2
Berbeda dengan komputer generasi pertama yang menggunakan tabung hampa (vacuum tube) sebagai komponen elektroniknya, pada generasi kedua menggunakan transistor.
c.     Komputer Generasi ke-3
Pada 1958, insinyur Texas Instrument, Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) yang mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa yang kemudian digunakan sebagai komponen elektronik.
d.    Komputer Generasi ke-4
Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda, bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi.
e.     Komputer Generasi ke-5

Kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model nonNeumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.


Sumber :
http://masterz-seo.blogspot.com/2013/12/sejarah-perkembangan-komputer-lengkap.html
https://sites.google.com/site/yusminpadanggalosblancos/komputer/pengertian-dan-sejarah-perkembangan-komputer-generasi-pertama-sampai-sekarang
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
http://roby-xtkj-1.blogspot.co.id/p/sejarah-komputer-generasi-1-5.html

e-book Perakitan Komputer Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013



0 comments:

Post a Comment